Desain Sekat Ruang Hunian yang Tak Menguras Kantong

Setiap ruang dalam rumah Anda pastinya harus dipisahkan degan sekat untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk menjaga privasi. Anda bisa membuat desain rumah dengan berbagai desain sekat ruangan yang bagus namun tetap tak menguras kantong demi berbagai alasan tersebut. Seperti apa contoh sekat ruang hunian hemat yang bisa Anda tiru?

  1. Sekat Ruang dari Batang Bambu

Model sekat ruang pertama yang bisa dipilih adalah sekat ruang dari bambu yang akan menghidupkan kesan natural pada rumah Anda. Anda bisa menyusun batang bambu yang satu ukuran atau berbeda dengan teratur dan rapi atau menggunakan susunan acak dengan sudut kemiringan tertentu untuk menciptakan sekat ruang dari batang bambu ini.

Agar lebih menarik, cobalah untuk mengombinasikan sekat ruang ini dengan berbagai interior bergaya oriental agar lebih menghasilkan keserasian visual. Anda juga bisa menyusun bambu dengan diameter yang berbeda-beda untuk menghasilkan kesan yang lebih unik. Ada baiknya, pilihlah interior gaya natural juga untuk kombinasi sekat ruangan ini.

  1. Sekat Ruang dari Batang Pohon

Untuk sekat pada desain rumah minimalis lainnya, Anda bisa mencoba sekat dari bahan batang pohon. Batang pohon yang berukuran kecil dan seringkali dianggap tak berguna bisa disulap menjadi sekat ruang yang menarik bila Anda kreatif. Anda bisa susun rapat dahan-dahan ramping pada ruang yang akan disekat untuk memberikan kesan natural.

Kalau ingin kesan yang lebih terbuka, Anda bisa menyusun pohon dengan jarak yang cukup renggang. Sekat ini bisa Anda letakkan di ruang tamu atau ruang keluarga. Agar lebih cantik, Anda bisa memberikan lampu pencahayaan dari bawah. Pencahayaan bawah ini akan menghasilkan bayangan pada ruangan Anda yang membuat kesan ruangan jadi lebih dinamis.

  1. Sekat Ruang dengan Pipa Paralon

Maksud sekat ruang dengan pipa paralon ini bukannya Anda menyusun pipa paralon berbagai ukuran layaknya menyusun batang bambu atau batang pohon, ya! Kalau begitu, hasilnya malah akan aneh. Untuk sekat ruang berbahan pipa paralon ini, Anda bisa memotong-motong pipa paralon dalam ukuran kecil, dua atau tiga senti saja panjangnya.

Pastikan ukuran pipa paralon tersebut berbeda-beda diameternya. Setelah itu, susunlah dan rekatkan dengan lem. Susun dengan mencampurkan pipa paralon ukuran besar dan ukuran kecil untuk menghasilkan sekat ruang pada desain rumah minimalis yang unik. Setelah jadi, Anda bisa meletakkannya pada ruang yang butuh sekat agak terbuka.

  1. Sekat Ruang dari Tirai Dekoratif

Selain menggunakan batang kayu, bambu dan paralon, Anda juga bisa memnafaatkan tirai untuk sekat ruang rumah Anda. Ini adalah cara paling sederhana dan mudah yang bisa Anda lakukan. Namun, agar hasilnya unik, Anda tetap harus mengombinasikan tirai tersebut. Misalnya saja, Anda bisa mengombinasikan lapisan tirai.

Selain itu, juga bisa mengombinasikan warna dan pola tirai tersebut agar hasil sekat ruang menjadi lebih mewah meski tak menguras tenaga dan cukup mudah membuatnya. Dibanding sekat ruang dari batang kayu, bambu dan paralon, sekat ruang menggunakan tirai seperti ini akan membuat ruangan terlihat luas meskipun telah disekat.

Itulah beberapa sekat ruang untuk desain rumah yang bisa Anda tiru. Sekat ruang yang tepat akan memberikan nilai estetis dan kesan yang mewah pada hunian Anda. Oleh sebab itu, Anda harus menemukan desain sekat ruang yang pas untuk hunian Anda. Sudah menemukan desain yang cocok? Kalau belum, coba pikirkan lagi atau terapkan desain yang di atas.